Kitab Al Azis Syarah Al Wajiz Imam Ghazali

Al Aziz Syarhil Wajiz adalah salah satu kitab madzhab Imam Syafi’I karya Al-Imam Al Allamah syaikhi asy syafi’iyyah (guru para ulama madzhab Syafi’i) Abul Qosim Abdul Karim bin Muhammad bin Abdil Karim Al Qozwini ar Rofi’I, atau lebih dikenal dengan sebutan IMAM ROFI’I. Kitab ini dikenal juga dengan nama Syarah Kabir. Ada juga ulama yang memberikan nama kitab ini dengan ‘Fathul Aziz bi Syarhil Wajiz’.

Imam Rofi’I merupakan salah seorang ulama Madzhab Syafi’I yang termasuk dalam derajat Mujtahid Fatwa.  Sayyid Dimyati al Bakri dalam kitabnya I’anatuth Thalibin juz I halaman 19 menyebutkan, bahwa pendapat ulama syafi’iyah yang boleh djadikan pegangan dalam menetapkan suatu hukum dan berfatwa adalah pendapat yang telah disepakati oleh Imam Nawawi dan Imam Rofi’I, kemudian pendapat yang dipegang oleh Imam Nawawi saja, kemudian pendapat yang dipegang oleh Imam Rofi’I saja, kemudian pendapat yang didukung oleh mayoritas ulama, kemudian pendapat yg dipegang oleh ulama yang paling pintar kemudian ulama yang paling wara’ (hati-hati terhadap barang syubhat).

Dalam Al Aziz, Imam Rofii menjelaskan teks-teks yang termaktub dalam kitab Al Wajiz dengan uraian yang lebih detail, luas dan panjang. Dalam penjabarannya, Ar Rofii mengemukakan berbagai persoalan hukum, kemudian kaitannya dengan pendapat Imam Syafi’I dan pendapat para sahabat dan muridnya. Kemudian beliau memilih pendapat yang lebih kuat untuk dijadikan pegangan madzhab Syafi’I berdasarkan dalil-dalil yang lebih kuat.

Adapun kitab Al-Wajiz adalah kitab fiqih yang dikarang oleh Imam Ghozali. Al Wajiz ini merupakan kitab ringkasan dari kitab beliau yang bernama ‘Al Wasith’. Al Wasith juga merupakan kitab ringkasan dari kitab beliau ‘Al Basith’.  Sedangkan Al Basith adalah ringkasan dari kitab karya gurunya, Al Imam Haramain, yaitu ‘Nihayatul Mathlab fi Dirayatil Madzhab’.  Kitab ini adalah penjelasan dari kitab ‘al-Mukhtashor al-Muzanni’ karya Imam Muzanni (murid Imam Syafi’I RA). Sedangkan ‘al-Mukhtashor al Muzanni’ adalah kitab ringkasan dari kitab ‘Al Um’ karangan Imam Syafii RA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *