Kitab Hasyiyah Jamal Syarah Al Manhaj

Kitab Hasyiyah al Jamal ala Syarhil Manhaj ( حاشية الجمل على شرح المنهج) merupakan kitab fiqih madzhab Syafii karangan Syekh Sulaiman bin Umar bin Manshur al Ujaili al Azhari al Jamal, atau dikenal dengan Syekh Sulaiman al Jamal (w 1204 H). Kitab ini nama aslinya adalah Futuhatul Wahhab bi Taudhihi Syarhi Manhajil Thullab ( فتوحـات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب ) namun lebih dikenal dengan nama Hasyiyah Jamal ala syarhil Manhaj.

Kitab hasyiyah ini merupakan penjelasan berupa catatan pinggir (hasyiyah) atas kitab Fathul Wahhab  (فتج الوهـاب)   karangan Syaikhul Islam Abu Yahya Zakaria al Anshari. Sedangkan kitab Fathul Wahhab adalah kitab penjelasan (syarah) dari kitab ‘Manhajul Thullab’ ( منهج الطلاب ) yang juga masih karangan beliau Syekh Zakaria al Anshari. Sementara itu kitab Manhajul Thullab merupakan kitab ringkasan (mukhtashar) dari kitab Minhajul Thalibin  (منهـاج الطالبين ) atau biasa disebut ‘al Minhaj’ karangan Imam Nawawi. Kitab Minhajul Thalibin merupakan kitab penjelasan (syarah) dari kitab ‘al Muharrar’ karangan Imam Rafii.

Secara lebih lengkap, silsilah kitab Hasyiyah al Jamal ala Syarhil Manhaj ini dapat digambarkan sebagai berikut :

Hasyiyah Jamal, catatan pinggir dari kitab  :  Fathul Wahhab  (Zakaria al Anshari) ;

Fathul Wahab adalah syarah (penjelasan) dari  kitab : Manhajul Thullab (Zakaria al Anshari);

Manhajut Thullab adalah  mukhtashar (ringkasan) dari kitab : Minhajul Thalibin (Imam Nawawi);

Minhajut Tholibin adalah syarah (penjelasan) dari kitab : al Muharrar (Imam Rafii),;

Al Muharrar adalah ringkasan dari kitab : Al Wajiz (Imam Ghazali);

Al Wajiz adalah ringkasan dari kitab : Al Wasith (Imam Ghazali);

Al Wasith adalah ringkasan dari kitab : Al Basith (Imam Ghazali);

Al Basith adalah ringkasan dari kitab : Nihayatul Mathlab  (Imam Haramain);

Nihayatul Mathlab adalah syarah dari kitab : Mukhtashar al Muzanni (Imam Muzanni);

Mukhtashor al Muzani adalah ringkasan dari  kitab : al Umm karya Imam Syafii RA.

Kitab Hasyiyah Jamal ini teramat penting kedudukannya bagi ulama-ulama fiqih, khususnya yang berada di tanah air. Hal ini karena beberapa factor, diantaranya :

  1. Kitab Hasyiyah ini adalah penjelasan dari kitab Fathul Wahhab. Sedangkan Fathul Wahhab  merupakan salah satu kitab wajib yang dikaji di seluruh pondok pesantren di Indonesia. Ada semacam ‘kesepakatan’ di kalangan santri pondok pesantren, bahwa seorang santri masih belum dikatakan tamat  belajar di pondoknya  jika belum mengaji kitab  ‘Fathul Qarib’ ,  ‘Fathul Muin’ dan ‘Fathul Wahhab’. Jika sudah tamat ketiganya baru dapat ‘boyong’ dari pondok kemudian di rumahnya membuka kitab ‘Fathul Sirwal’ (membuka celana),  maksudnya mungkin boleh berumah tangga.
  2. Kitab hasyiyah ini menggunakan tata bahasa yang  lebih mudah dipahami dibanding dengan kitab Fathul Wahhab-nya.  Sehingga kosa kata atau kalimat yang sulit dipahami dalam kitab fathul wahhab dapat dipahami melalui kitab hasyiyah ini.
  3. Pengarang hasyiyah ini, Sulaiman al Jamal, merupakan ulama fiqih madzhab Syafii yang hidup pada abad ke-12 Hijrah. Dalam kitabnya beliau menguraikan perilaku hukum Islam  dari mulai generasi Imam Syafii sampai pada saat beliau hidup. Sehingga kitab ini lebih dapat meng-cover dinamika perkembangan hukum Islam antar generasi dan diyakini dapat menjawab permasalahan hukum yang terjadi pada saat ini. Itulah salah satu sebab kitab ini banyak menjadi rujukan para ulama dan santri dalam kegiatan Bahtsul Masail (diskusi masalah keagamaan).

Jika sobat tertarik mempelajari kitab ini, silahkan download kitab dimaksud di bawah ini dalam versi pdf :

Indahnya berbagi, semoga tulisan Download Kitab Hasyiyah Jamal ala Syarhil Manhaj  ini bermamfaat. Sobat dipersilahkan untuk mencopas di blog atau web sobat dengan tetap mencantumkan link tulisan ini sebagai sumber dan tidak bertujuan komersial, syukron…[Kang Nasir Abi]

2 thoughts on “Kitab Hasyiyah Jamal Syarah Al Manhaj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *