Nasir: Hadapi PSBB Jabar, Pemprov Dengan Kabupaten/Kota Harus Sinergis Dalam Salurkan Bansos

MAJALENGKA,- Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKB H. Nasir menyikapi rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk memberlakukan PSBB di wilayah Provinsi Jawa Barat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Saya mendukung atas rencana pemberlakuan PSBB di seluruh wilayah provinsi Jawa Barat. Hal ini utk mempercepat penanggulangan covid-19 di provinsi terbanyak penduduknya di nusantara ini,”kata politikus dari Dapil IX Subang Majalengka Sumedang ini, Jumat (1/5/).

Namun Nasir  mengingatkan bahwa  persoalan prinsipil yang terjadi saat pemberlakukan PSBB adalah ketersediaan pangan untuk penduduk.

“Karenanya saya mendorong agar sebelum diberlakukan PSBB harus terlebih dahulu disepakati formula pemberian dan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat terdampak covid 19 antara pemerintah provinsi Jawa Barat dengan Pemkab/Pemkot,”ungkapnya.

Nasir menuturkan pada realitanya saat PSBB diberlakukan nanti, yang terdampak bukan hanya keluarga miskin yang telah terdata dalam DTKS tetapi juga masyarakat yang kehilangan atau berkurang pendapatannya, seperti guru ngaji, pegawai honorer, pekerja dan buruh harian, pedagang kecil, dan lain-lain.

“Silahkan Pemprov dengan  Pemkab/Pemkot berembuk terlebih dahulu, bagaimana skema pemberian dan penyaluran bansos, Berapa KK yang ditanggung oleh Pemprov dan berapa yang ditanggung oleh Pemkab. Kemudian disalurkan dalam waktu dan cara yang sama agar tidak terjadi gejolak di masyarakat,”tandasnya.

Nasir menegaskan PSBB tanpa perencanaan yang matang dalam penanganan dampak sosial ekonomi hanya akan menyisakan kerawanan sosial di masyarakat. (adv)  

sumber : https://www.portaljabar.net/web/26515/nasir-hadapi-psbb-jabar-pemprov-dengan-kabupatenkota-harus-sinergis-dalam-salurkan-bansos.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *